Friday 14 August 2015

Musisi TerKaya duNia









Sumber kekayaan musisi itu dari mana saja? Sebagian dari kita tentu langsung teringat pada penjualan karya, tiket konser, show, dst. Belum lagi kalau sang musisi memiliki ‘nama’ serta kualitas yang bagus di mata dunia , tentu harga yang ia peroleh bisa melangit.
Namun beberapa musisi ada yang cerdas dengan menginvestasikan penghasilannya dari dunia musik ke bidang lain. Entah itu pakaian, perusahaan, aset proverti, dst. Memanfaatkan ‘brand’, kualitas, modal besar, dan manajemen bagus, mereka tentu memiliki potensi untuk makin melipatgandakan pundi-pundi uangnya.
Nah berikut ini 10 musisi yang diperkirakan jadi yang terkaya sepanjang masa:
(Dolly Parton)
Kaget Dolly Parton masuk list ini? Dia memang berasal dari latar-belakang keluarga yang kurang mampu. Ayahnya bahkan membayar dokter yang membantu proses kelahiran Parton dengan sekantong oatmeal saja. Namun kini dia sudah unjuk gigi dalam kemampuan menulis lagu. Terbukti beberapa karyanya itu amat terkenal di sepanjang sejarah musik pop. Sebut saja “Nine to Five” dan “I Will Always Love You”, yang makin melenjit karena penyanyinya Whitney Houston dan film dibelakangnya, The Bodyguard. Total dia sudah merilis 41 album yang masuk top sepanjang kariernya dan meraih 25 karya yang masuk hits nomor 1. Itu tandanya buah karya Dolly Martin membawa efek bagus bagi pemasaran dan pemerolehan laba. Ia juga mengembangkan sayap dengan bermain film, memproduseri artis-artis lain serta memiliki “Dollywood”, semacam theme park yang selalu ramai pengunjung. Aset itu tentunya menambah pundi-pundi Parton yang sudah mencapai 500 juta dollar, atau sekitar 6,5 Trilyun.
(Madonna)
Jumlah kekayaan Madonna memang sempat diberitakan beda-beda, dengan sumber yang beda-beda pula. Namun rerata antara 500 sampai 800-an juta dollar. Sampai kemudian Frobes angkat bicara dan memperkirakan kalau kekayaan penyanyi yang satu ini mencapai 500 juta dollar pada tahun 2013. Pada tahun itu, dia memang mengadakan tur MDNA. Tur yang mendapat penghargaan ‘best tour’ dari Billboard itu memeroleh penjualan tiket sebanyak 300 juta dollar. Kalau diperhitungkan, laba yang ia raup mencapai 120 juta dollar. Karena itulah, pada waktu itu ia jadi musisi dengan pendapatan terbesar. Honor dari musik itu masih bisa mengembung dari tambahan lain, misalnya dari merk “Material Girl Clothing” sama minyak wangi “Truth or Dare”.
(Mariah Carey)
Mariah Carey punya paket bakat dan kualitas yang cukup menjanjikan. Menyanyi dan berakting. Memang untuk berakting, film-film yang ia bintangi tidak terlalu membetot perhatian pasar. Namun hal tersebut tidak lantas melumpuhkan nama dan pendapatannya. Ia memiliki opsi kedua, yang memberi segalanya. Ia jadi artis dengan penjualan terbesar sepanjang masa versi Billboard, albumnya yang rilis tahun 2008 memeroleh kesuksesan besar, dan ia juga mendapat honor melimpah dari perannya sebagai juri di ajang American Idol. Dari industri inilah ia bisa memiliki kekayaan sekitar 520 juta dollar, atau sekitar 6,7 Trilyun. Belum lagi dari luar musik, contohnya dari produk cat kuku dan minyak wangi yang ia promosikan.
(Jay-Z)
Artis hip-hop yang satu ini memang pandai memanfaatkan nama besar serta pendapatan melimpah dari dunia musiknya. Bermodalkan penjualan platinum album serta kesuksesan turnya, Jay-Z berkecimpung di luar dunia bisnis musik juga. Selain menginvestikan hartanya di label rekaman, ia juga ‘menyelamatkan’ asetnya di restoran, perusahaan pakaian, sampanye dan semacam talent agency. Estimasi kekayaannya sekitar 560 juta dollar, atau 7,2 Trilyun. Nominal itu bisa lengkap menjadi 1 milyar dollar andai hartanya disatukan dengan sang isteri, Beyonce.
(Celine Dion)
Wanita ini memang jadi bintang bersinar di tahun 90-an. Bisa dikatakan namanya sebesar sekarang karena kesuksesan lagu “My Heart Will Go On” yang menjadi OST “Titanic”. Namun bukan berarti ia vakum dari dunia tarik suara. Ia memiliki show rutin di Las Vegas yang mengalirkan laba sebanyak 350 juta dollar antara tahun 2000 dan 2010. Dan baru tahun kemarin, dia memutuskan untuk menjual dua mansion mewahnya. Yang satu berlokasi di Florida, yang satunya di Kanada. Keduanya berharga lebih dari 100 juta dollar. Namun ia sendiri masih memiliki aset lain, misalnya rumah mewah di Las Vegas, aaset properti di Amerika Serikat serta di negara lainnya. Hartanya kurang-lebih sebanyak 630 juta dollar, atau 8,1 Trilyun.


Unknown

&

.

1 komentar:

  1. http://seni-dan-sastra.blogspot.co.id/

    nyari temen, blajar blog, tambah ya ren , makasih

    ReplyDelete

 
Blog nenk" Reni ©created by Hendri Zakaria